STRATEGI
PROMOSI JASA
Dunia
pemasaran terus berkembangan mengikuti zaman dan pola hidup manusia
yang terus berubah. Banyak teori-teori dan strategi yang terdapat
dalam konsep pemasaran terus menyesuaikan dengan kondisi yang ada
pada saat ini. Begitu juga dengan strategi bauran promosi (Promotion
Mix), awalnya hanya mengenal lima
dimensi yaitu advertising (iklan), personal
selling (penjualan
personal), sales promotion (promosi
penjualan), public
relation (hubungan masyarakat)
dan direct marketing (pemasaran
langsung) realitanya saat ini word
of mouth (informasi dari mulut ke
mulut) juga menjadi dimensi dalam bauran promosi yang dinyatakan oleh
majalah SWA dimana word of
mouth juga sangat berpengaruh
dalam mempromosikan produk atau jasa dimana strategi ini tidak
mengeluarkan biaya tambahan hanya mengutamakan kualitas yang baik
maka promosi akan berjalan dengan lancar. Strategi ini diterapkan
dalam Martabak
Kaget
untuk menarik konsumen dan
meningkatkan penjualan.
- Advertising (iklan), iklan merupaka media promosi yang paling sering digunakan oleh para pemasar. Melalu media seperti iklan cetak (koran, atau majalah, electronik (radio, TV), brosur, selembaran dan sebagainya. Martabak Kaget menggunakan media iklan dengan sepanduk yang di pasang didepan toko atau outlite dan 500 menter sebelum lokasi toko MartabakKaget itu sendiri.
- Personal selling (penjualan personal), komunikasi langsung antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk. Metode ini lebih sering digunakan MartabakKaget pada saat mengikuti event-event kuliner yang diadakan dikota malang nantinya. Kami tidak hanya menjual produk, tapi juga mengenalkan jasa produk kami kepasaran pada event tersebut.
- Sales Promotion (promosi penjualan), adalah bentu persuasif secara angsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatir untuk merangsang embelian produk dengan segera dan atau meningkatkan jumlah barang yan dibeli konsumen. Promosi penjualan yang dilakukan MartabakKaget seperti: setiap hari jum'at, kami memberikan potongan harga untuk pemesanan makan ditempat dan dibawa pulang, pada menu menu special kami. Dan pelanggan akan diberikan kartu seperti kupon dimana setiap kali pembelian pada kumpon yang kami beri akan kami stampel, jika kupon terisi 10x stampel maka geratis 1 menu martabak (martabak manis atau telor)
- Public Relation (Hubungan masyarakat), membantu membangun dan menaga lini komunikasi, pemahaman bersama, penerimaan mutual dan kerja sama antara organisasi dan publliknya. Seperti halnya PR pada MartabakKaget, kami pada tiap 3bulan sekali mengadakan sebuah event-event yang bertajuk amal, jadi setiiap pemesanan dari pelanggan, akan kami potong 25% dari harga untuk nantinya disumbangkan kepada anak yatim atau kaum marginal yang ada dikota malang itu sendiri
- Direct Marketing (pemasaran langsung), sistem pemasaran yang bersifat interaktif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang terukur dan atau transaksi di lokasi tertentu.
- Word of Mouth (informasi mulut ke mulut), strategi ini sangat berpengaruh besar dalam mempromosikan usaha atau produk jasa MartabakKaget ini. Karena itu kami membangun beberapa jaringan komunikasi pada media sosial dan pertemanan para pelanggan, agar kesan kesan baik para pelanggan bisa disampaikan secara otomatis mulut kemulut nantinya.
1 komentar:
Infonya bermanfaat banget, makasih ya.
Oh ya, sekedar informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Sewa Genset Syncronize Tangerang untuk keperluan event atau lainnya bisa coba menghubungi kami dari Arthur Teknik.
Terima kasih ya min.
Salam blogger.
Posting Komentar