LATAR BELAKANG
Dalam membangun sebuah usaha dibidang jasa perlu pertimbangan
antara jasa hingga ke kepuasan konsumen sebagai tujuan dari usaha. Dalam sebuah
usaha jasa, keunikan adalah salah satu modal dalam sebuah usaha jasa memiliki
identitas untuk eksis dalam dunia usaha. Tidak jarang konsumen mencari nilai
unik yang ada sebagai pemenuhan rasa penasaran dan kepuasannya. Apa lagi pada
bidang jasa makanan. Fenomena yang ada contohnya dikota malang sendiri, banyak
berkembang kuliner kuliner unik dari bentuk kreatifitas. Keunikan dan inovasi
yang dilakukan mengarahkan konsumen untuk penasaran kepada kuliner tersebut.
maka kami menghandirkan kuliner yang unik yaitu MartabakKaget. MartabakKaget ini sebagai sebuah usaha kami dalam
menghadirkan keunikan dalam kasanah kuliner yang ada dikota malang dalam bentuk
martabak yang penuh inovasi dan keunikan didalamnya. Kami juga menciptakan
suasana unik yang akan dinikmati nantinya oleh para konsumen MartabakKaget itu sendiri.
Peluang Usaha
Melihat
banyaknya penjual martabak manis maupun martabak telur yang ada dikota malang
ini dengan rasa dan kualitas yang hampir sama kami berniat menghadirkan sesuatu
yang unik dalam menawarkannya. Dengan rasa, kualitas, dan suasana unik khas
nantinya yang bisa di nikmati oleh konsumen. Dan karena tidak berkurang minat
masyarakat terhadap martabak telur maupun martabak manis, yang saya amati dalam
beberapa hari pada 4-6 stand yang menjajakan martabak di kota malang itu
sendiri, maka ini adalah peluang yang bisa menjadi keuntungan bagi kami.
Nama Usaha
Usaha
yang akan saya dirikan diberi nama dengan “MARTABAK KAGET”, dan kepemilikannya
adalah perseorangan. Ada makna yang unik kenapa Martabak ini di beri nama
demikian.
Pertama,
kami ingin mengejutkan pelanggan dengan nama terlebih dahulu, bagaimana
caranya? Ya dengan memberi nama tersebut orang mungkin akan bertanya tanya
kenapa? Nah pada saat itu kami mengejutkannya pada saat pelanggan memasuki
tempat kami dengan bunyi bunyian yang mengaggetkan, dan pelayan langsung
menawarkan tempat duduk dan memberikan menu.
Kedua,
kami mengejutkannya kembali pada menu menu special kami nanti, yang dimana
konsumen akan menebak tebak sendiri seberapa pedasnya martabak telor yang ada
pada menu yang mereka pesan. Dan ada kejutan pada martabak manis, karena
ditengah martabak manis nantinya akan ada rasa yang membuat konsumen merasakan
bedanya dengan martabak lain seperti adanya buah didalamnya dan sebagainya.
VISI MISI
Visi:
“
Menjadi Perusahaan Penyedia Jasa Makanan yang Halal, Enak, Bermutu dan Terjamin
Demi Pemenuhan Isi Perut dan Menyenangkan Hati ”
Misi:
Memacu diri untuk kreatif dalam berusaha
Terampil dalam memasarkan produk
Terbentuknya
makanan sampingan terbaik dan menyehatkan serta mengedepankan pelayanan
RENCANA LOKASI USAHA
1. Rencana
lokasi usaha akan ditempatkan didaerah yang memenuhi syarat sebagai berikut:
a. Lokasi
dekat dengan kawasan pendidikan seperti daerah sekitar kawasan kampus,
b. Lokasi
berada dipusat keramaian, misalnya pasar atau perkantoran
c. Lokasi
berada ditengah kawasan penduduk
2. Lokasi
yang kami preoritaskan adalah lokasi di daerah sigura gura atau daerah barat
kampus UIN dengan pertimbangan sebagai berikut:
a. Lokasi
dekat dengan beberapa perguruan tinggi
b. Lokasi
tidak jauh dari pasar yang bisa menghemat biaya angkut bahan
c. Lokasi
di tengah tengah permukiman yang di isi oleh para mahasiswa
d. Ada
perkiraan semakin padatnya lokasi dengan para calon konsumen dari tahun
ketahun.
TARGET PASAR
Target
pasar yang kami tuju adalah para pencinta atau penikmat kuliner martabak manis
maupun martabak telur yang menginginkan hal yang beda dengan martbak martabak
yang lain.
POSITIONING
MartabakKaget, mengandalkan ke-UNIK-kan dalam usahanya. Kami memposisikan diri
kami dalam kuliner unik dan pelayanan yang unik. Dimana kami akan melayanin
dengan jujur dan sesuai dengan standard kami. Unik ini akan sangat dicari para
pelanggan atau konsumen kelas menengah keatas. Karena pengalaman dan fenomenal
yang ada di kota malang itu sendiri.
STRATEGI PRODUK JASA
1.
Manfaat Inti (core
benefit)
Dalam hal usaha
kami core benefitnya terletak pada Martabak berbagai menu yang kami sediakan
nantinya.
2.
Produk dasar (basic
product)
Kami memiliki
menu menu yang serba martabak dan tidak hanya martabak biasa, ada martabak
unik. Kami juga menawarkan pelayanan yang memuaskan dan unik pada hari hari
tertentu.
3.
Produk yang diharapkan (expected
product)
Dengan ruang
makan yang bersih, dan menggunakan pelayan yang ramah dari kami diharapkan
konsumen puas.
SALURAN DISTRIBUSI
Saluran
distribusi yang digunakan oleh MartabakKaget ini dengan Penjualan
langsung (direct sales). Karena produk jasa kami adalah produk jasa yang
berkarakteristik inseparability, maka konsumen terlibat dalam produksi dan
konsumsi secara langsung.
STRATEGI HARGA
Harga yang ditawarkan oleh MartabakKaget ini tidak jauh
berbeda dengan martabak – martabak lainnya. Berikut adalah daftar
harganya :
·
Martabak Kaget Manis campur 4 macam +1 Rp. 35.000,-
·
Martabak Kaget Manis campur 3 macam +1 Rp. 30.000,-
·
Martabak Kaget Manis campur 2 macam +1 Rp. 28.000,-
·
Martabak Kaget Manis campur 1 macam +1 Rp. 18.000,-
- Martabak Kaget telor ayam Rp. 11.000,-
- Martabak Kaget telor bebek Rp. 13.000,-
- Martabak Kaget telor ayam isi daging Rp. 18.000,-
- Martabak Kaget telor bebek isi daging Rp. 20.000,-
·
Martabak Kaget telor Special Rp.
25.000,-
·
Teh Manis Dingin Rp.
8.000,-
·
Teh Manis Hangat Rp.
6.000,-
·
Minuman Es Jus Rp.
8.000,-
·
Minuman Air Mineral Rp. 3.000,-
Nb: Harga bisa berubah tergantung kondisi.
STRATEGI
PROMOSI JASA
Dunia pemasaran terus berkembangan mengikuti zaman dan
pola hidup manusia yang terus berubah. Banyak teori-teori dan strategi yang
terdapat dalam konsep pemasaran terus menyesuaikan dengan kondisi yang ada pada
saat ini. Begitu juga dengan strategi bauran promosi (Promotion Mix),
awalnya hanya mengenal lima dimensi yaitu advertising (iklan), personal
selling (penjualan personal), sales promotion (promosi
penjualan), public relation (hubungan masyarakat) dan direct
marketing (pemasaran langsung) realitanya saat ini word of
mouth (informasi dari mulut ke mulut) juga menjadi dimensi dalam
bauran promosi yang dinyatakan oleh majalah SWA dimana word of mouth juga
sangat berpengaruh dalam mempromosikan produk atau jasa dimana strategi ini
tidak mengeluarkan biaya tambahan hanya mengutamakan kualitas yang baik maka
promosi akan berjalan dengan lancar. Strategi ini diterapkan dalam Martabak
Kaget untuk menarik konsumen dan meningkatkan penjualan.
STRATEGI
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA/PEOPLE
Penjelasan Job Deskripsi dari masing masing
bagian:
- Investor, sebagai pemilik modal yang mendapatkan hak penuh atas kepemilikan dari usaha jasa MartabakKaget ini, dan sebagai penyetor modal awal. Dalam hal ini Investor adalah saya sendiri yang dibantu pendanaannya dari bank nantinya.
- Manajer Oprasional, disini tugasnya adalah mengawasi dan menata atau me-manage agar dalam oprasional MartabakKaget dapat kondusif yang sesuai dengan Visi dan Misi perusahaan.
- Waiter, disini sebagai pelayan yang melayani para tamu, mengarahkan konsumen untuk menempati tempat, memesan, hingga mengatarkan pesanan kemeja konsumen
- Coureer, bagian dimana pekerja menata pergudangan dan pembelian bahan baku, dan ada bagian dimana coureer sebagai pengantar pesanan ke rumah rumah atau ketempat para konsumen diluar outlate.
- Koki, bagian dimana produksi dari MartabakKaget itu sendiri dibuat, mulai dari Martabak manis, telur, dll dan juga minumannya. Ber inovasi adalah hak dari koki sesuai persetujuan pemilik dan manajer.
Mendefiniskan Syarat Minimal Kompetensi yang harus dimiliki masing-masing
bagian:
1. Manager Oprasional:
- S1 Manajemen,
- Jujur
- menguasai office dan marketing
- pengalaman
- laki-laki/perempuan (20-55)
2. Waiter
- Minimal SMA sederajat
- Santun, jujur
- mau bekerja keras
- berpenampilan menarik
- laki-laki/perempuan (belum menikah, 18-25)
3. Coureer
·
Minimal SMA sederajat
·
memiliki minimal sim C
·
mau bekerja keras
·
Laki-laki (18-25)
4.
Koki
·
Berpengalaman bidang Kuliner
(masak-memasak)
·
SMA,SMK, atau sederajat
·
Jujur
·
Mau bekerja keras
·
Laki-laki/ Perempuan (20-60)
Penetapan
program pengembangan SDM:
Pengelolaan SDM perusahaan
jasa :
Attitude,
Moment of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen.
Attitude s angat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti
penampilan karyawan, suara dalam bicara, body l anguage, ekspresi wajah, dan
tutur kata.MartabakKaget sangat memperhatikan attitude karyawannya
dengan menetapkan standarisasi pada karyawan melalui pelatihan peningkatan
kualitas karyawan setiap enam bulan sekali.
Motivation, motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian pesan dan
jasa yang ditawarkan pada level yang diekspetasikan. Karyawan yang memiliki
motivasi yang tinggi pada perusahaan MartabakKaget tentu akan memberikan
sumbangsi yang besar bagi perusahaan berupa kinerja yang baik. Sehingga akan
mempengaruhi perusahaan secara keseluruhan termasuk mampu meningkatkan
penjualan.
Communication,
MartabakKaget telah memberikan pelatihan
mengenani tata cara berkomunikasi dengan pelanggan, bagaimana cara menawarkan
barang, mempengaruhi pelanggan agar bisa melakukan pembelian atau menggunakan
jasa.
Taste,
Martabak Kaget telah memberikan pelatihan
atau kursus membuat Martabak Telor dan Martabak Manis yang bisa menambah skill
dari koki itu sendiri. Agar inovasi dapat terjadi.
DESAIN ATAU PHYSICAL EVIDENCE
Physical evidence atau kita
kenal dengan kata lain “bukti fisik” ini yaitu merupakan suatu hal yang
mempengaruhi kepuasan konsumen untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa
yang ditawarkan.
Bukti fisik adalah lingkungan fisik perusahaan tempat jasa diciptakan dan tempat penyediaan jasa serta konsumen berinteraksi, ditambah elemen tangible yang digunakan untuk mengkomunikasikan atau mendukung peranan jasa itu.
Bukti fisik adalah lingkungan fisik perusahaan tempat jasa diciptakan dan tempat penyediaan jasa serta konsumen berinteraksi, ditambah elemen tangible yang digunakan untuk mengkomunikasikan atau mendukung peranan jasa itu.
Berdasarkan penjabaran tersebut dapat di simpulkan bahwa Bukti fisik adalah struktur fisik dari sebuah perusahaan yang merupakan komponen utama dalam membentuk kesan sebuah perusahaan. Bukti fisik memiliki peranan penting untuk menarik minat konsumen agar datang ke suatu perusahaan dan melakukan pembelian.
Contoh Foto: Physical Evidance
(konsep)
Lingkungan Fisik (servicescapes)
Dalam sebuah operasi kerja diperlukan penyeleksian
operator kerja yang memenuhi syarat sehat fisik dan psikologis serta memiliki
skill yang menunjang, tetapi tanpa adanya lingkungan fisik kerja yang baik maka
akan timbul berbagai masalah dalam operasi kerja. Manusia sebagai makhluk
sempurna tetap tidak luput dari kekurangan, dalam arti segala kemampuannya
masih dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut dapat berasal
dari dalam perusahaan (interior), dan dapat juga dari luar perusahaan
(eksterior). Disini MartabakKaget, mengusung tema pada Interior dan
eksteriornya adalah “Natural and Fun” dimana kami menggunakan unsur unsur alam
seperti meja kursi dari kayu, interior didalam banyak pernik pernik naturalnya.
Pada area Parkir, kami sediakan parkir motor didepan outlite yang sudah di tata
rapi. Untuk mobil bisa muat antara 4-8 mobil kecil (sub compact, city car).
ASPEK KEUANGAN
Perkiraaan aspek Modal
- Bahan Baku :
1. Terigu 2 Kg : Rp. 14.000
2. Telur 1 Kg : Rp. 12.000
3. Gula pasir 1
Kg : Rp. 10.000
4. Air : Rp. –
5.Garam : Rp. 2.000
6. Soda kue : Rp.
3.000
7. Blue band : Rp.
5.000
8. Pewarna
kuning : Rp. 3.500
9. Fermipan
(pengembang soda) : Rp.
3.500 +Rp. 53.000
- Bahan Taburan :
1. Kacang tanah ½ Kg
: Rp. 5.000
2. Meises
: Rp. 5.000
3. Keju
: Rp. 11.000
4. Susu kental manis
: Rp. 7.000
5. Wijen
: Rp.
5.000 +Rp. 33.000
- Bahan Baku Tambahan
:
1. Kardus
: Rp.
5.000
2. Piring
plastic
:
Rp. 8.000
3. Garpu
:
Rp. 7.000
4. Pisau
: Rp.
5.000 +Rp. 25.000
- Modal
Bahan baku
: Rp.
53.000
Bahan taburan
: Rp.
33.000
Bahan baku tambahan
: Rp. 25.000
Ongkos
angkut
: Rp. 500
+Rp. 111.500
Perhitungan KeuntunganHarga jual : Rp.12.000 x 40 porsi = Rp.480.000
Harga Pokok Produk perunit : Rp. 12.000:6 = Rp 4.000
Harga beli bahan baku : Rp. 2.150
Harga beli bahan tambahan : Rp. 625
Ongkos angkut : Rp. 500 + Rp. 3275
Jumlah Hpp : Rp.3.275x 40 porsi = Rp.131.000
Laba kotor : Rp.480.000 – Rp. 131.000 = Rp. 349.000
Biaya penjualan :
Biaya pembuatan brosur : Rp.30.000
Biaya transportasi : Rp.30.000
Biaya sewa tempat : Rp.25.000
Biaya listrik dan air : Rp.10.000
Biaya komunikasi : Rp.20.000
Biaya lainnya : Rp.10.000 + Rp.125.000
Laba bersih
Penjualan produk perhari : Rp. 480.000 (40 porsi)
Jumlah Hpp : Rp. 131.000
Biaya Penjualan : Rp. 125.000 - Rp.224.000
Perhitungan margin keuntungan
Rp.224.000 x 100% = 46,66 % dari prnjualan Rp.480.000
Modal yang dibutuhkan Rp. 236.500
Jika dalam satu hari mempunyai Laba Bersih Rp. 224.000
Modal utuk beli bahan untuk hari selanjutnya Rp. 111.500 –
Keuntungan bersih untuk di save Rp. 112.500
Maka jika dalam sehari mendapat keuntungan Rp 112.500 x 5 hari = Rp. 562.500 keuntungan yang di dapat sudah balik modal ditambah untung (Rp. 562.500 – Rp. 236.500 = Rp 326.500)
Nb: Ini Semua asumsi sementara belum ditambah dari tambahan fasilitas dan
bahan yang akan digunakan dalam inovasi pada martabak dan oprasionalnya.
PENUTUP
Demikian pemaparan dari rencana usaha Martabak Kaget Saya, saya rasa masi
banyak perbaikan didalamnya. Maka penulis meninginkan kritik dan syaran
didalamnya agar bisa membuat rencana usaha ini layak dan dapat dijalankan. Terlebih
lagi bisa sebagai pertimbangan sebagian orang untuk ikut berpartisipasi dalam
usaha ini.
1 komentar:
Lumayan Lengkap. Bisa dipertimbangkan membentuk kerja sama. Terima kasih atas infonya
Posting Komentar