STRATEGI PRODUK JASA
Banyak orang menganggap produk adalah
suatu penawaran yang nyata, tetapi produk bisa lebih nyata dari itu. Secara
luas produk adalah, segala sesuatu yang bdapat ditawarkan kepada pasar untu
memuaskan suatu keinginan atau kebutuhan, termasuk barang fisik, jasa,
pengalaman, acara, orang, tempat property, organisasi, informasi, dan ide.
Tingkatan Produk : Hirarki Nilai
Pelanggan.
Dalam merencanakan penawaran
pasarnya, pemasar harus melihat lima tingkatan produk. Setiap tingkatan
menambah nilai pelanggan yang lebih besar, dan kelimanya merupakan bagian dari hirarki nilai pelanggan (customer value
hierarchy).
1. Manfaat Inti (core benefit).
Pada tingkat dasar adalah manfaat
inti atau produk, yaitu layanan yang bemar-benar dibeli pelanggan. Contohnya
hotel, konsumen membeli tempat untuk istirahat, dll. Dalam hal usaha kami core
benefitnya terletak pada Martabak berbagai menu yang kami sediakan nantinya
2. Produk dasar (basic product)
Pada tingkat kedua, pasar harus
merubah manfaat inti menjadi produk dasar (basic product). Kami memiliki
menu menu yang serba martabak dan tidak hanya martabak biasa, ada martabak
unik. Kami juga menawarkan pelayanan yang memuaskan dan unik pada hari hari
tertentu.
3. Produkyang diharapkan (expected
product).
Pada tingkat ketiga pemasar
mempersiapkan produk yang diharapkan, sekelompok atribut dan kondisi yang
biasanya diharapkan pembeli ketika mereka membeli produk ini. Dengan ruang
makan yang bersih, dan menggunakan pelayan yang ramah dari kami diharapkan
konsumen puas.
4. Produk tambahan (augmented product).
Pada tingkat ke empat, pemasar
menyiapkan tambahan produk yang melebihi harapan pelanggan. Di Negara-negara
maju positioning merek dan persaingan menjadi pada tingkat ini. Dalam Martabak
Kaget, disini kami akan meletakan permainan permainan mengasa otak seperti
puzzle yang bisa dimainkan di dalam sambil menunggu pesanan datang dan
bersenang senang sambil makan.
5. Produk potensial (potencial
product).
Tingkat ke lima adalah produk
tambahan, yang mencakup semua kemungkinan tambahan dan transformasi yang
mungkin dialami sebuah produk atau penawaran di masa depan. Ini adalah tempat
dimana perusahaan mencari cara baru untuk memuaskan pelanggan dan membedakan
penawaran mereka.
0 komentar:
Posting Komentar