PENGERTIAN, KLASIFIKASI DAN KARAKTERISTIK JASA
Jasa
merupakan aktivitas, manfaat, atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual.
Contohnya bengkel, salon, kursus, hotel, rumah sakit, cafe dan sebagainya. Jasa
sering dipandang sebagai suatu fenomena yang rumit. Kata ‘jasa’ (service) itu
sendiri mempunyai banyak arti, mulai dari pelayanan pribadi sampai jasa sebagai
suatu produk. Sejauh ini sudah banyak pakar pemasaran jasa yang berusaha
mendifinisikan pengertian jasa. Berikut diantaranya:
Setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada
pihak lain, pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan
apa pun. Produksi jasa bisa berkaitan dengan produk fisik atau sebaliknya. ( Kotler,1994 )
A service is an activity or a series of activities which take place in
interactions with a contact person or physical machine and which provides
consumer satisfaction ( Lehtinen,
1983 )
Sementara
perusahaan yang memberikan operasi jasa adalah perusahaan yang memberikan
konsumen produk jasa baik yang berwujud atau tidak, seperti transportasi,
hiburan, restoran dan pendidikan.
Dari definisi
di atas, tampak bahwa di dalam jasa selalu ada interaksi antara pihak konsumen
dan pihak produsen, meskipun pihak-pihak yang terlibat tidak selalu menyadari.
Jasa bukan suatu barang, melainkan suatu proses atau aktivitas yang tidak
berwujud.
Dalam
membangun sebuah usaha dibidang jasa perlu pertimbangan antara jasa hingga ke
kepuasan konsumen sebagai tujuan dari usaha. Dalam sebuah usaha jasa, keunikan
adalah salah satu modal dalam sebuah usaha jasa memiliki identitas untuk eksis
dalam dunia usaha. Tidak jarang konsumen mencari nilai unik yang ada sebagai
pemenuhan rasa penasaran dan kepuasannya. Apa lagi pada bidang jasa makanan. Fenomena
yang ada contohnya dikota malang sendiri, banyak berkembang kuliner kuliner
unik dari bentuk kreatifitas. Keunikan dan inovasi yang dilakukan mengarahkan
konsumen untuk penasaran kepada kuliner tersebut. maka kami menghandirkan
kuliner yang unik yaitu MartabakKaget.
MartabakKaget ini sebagai sebuah usaha kami dalam menghadirkan keunikan
dalam kasanah kuliner yang ada dikota malang dalam bentuk martabak yang penuh
inovasi dan keunikan didalamnya. Kami juga menciptakan suasana unik yang akan
dinikmati nantinya oleh para konsumen MartabakKaget itu sendiri.
KLASIFIKASI PEMASARAN JASA
A. Produk fisik
dengan jasa pendukung
Pada kategori ini penawaran terdiri atas suatu
produk fisik yang disertai dengan satu atau beberapa jasa untuk meningkatkan
daya tarik pada konsumenya. Misalnya produsen mobil harus memberikan penawaran
yang jauh lebih banyak daripada hanya sekedar mobil saja, yaitu bisa meliputi
jasa pengantaran, reparasi, pemasangan suku cadang, dan sebagainya. Dalam
kategori ini, jasa dapat didefinisikan sebagai kegiatan yang dilakukan
perusahaan kepada pelanggan yang telah membeli produknya.semakin canggih
teknologi suatu produk generic maka penjualannya semakin tergantung pada
kualitas dan ketersediaan layanan pelanggan yang menyertainya, seperti ruang pajangan,
fasilitas pengantaran, bantuan aplikasi, pelatihan operator, konsultasi
intalasi dan pemenuhan garansi.
B. Hybrid
Penawaran terdiri dari barang dan jasa yang sama
besar porsinya. Contoh, Restoran, Warung makan, warnet, dll.
C. Jasa utama
yang didukung dengan barang minor
Penawaran terdiri atas suatu jasa pokok
bersama-sama dengan jasa tambahan
( pelengkap ) dan / atau barang-barang pendukung. Contohnya penumpang pesawat yang membeli jasa transportasi. Selama menempuh perjalanan menuju tempat tujuannya, ada beberapa unsure produk fisik yang terlibat, seperti makanan dan minuman, majalah atau surat kabar yang disediakan, dan lain-lain. Jasa seperti ini memerlukan barang bersifat capital intensif untuk realisasinya, tetapi penawaran utamanya adalah jasa.
( pelengkap ) dan / atau barang-barang pendukung. Contohnya penumpang pesawat yang membeli jasa transportasi. Selama menempuh perjalanan menuju tempat tujuannya, ada beberapa unsure produk fisik yang terlibat, seperti makanan dan minuman, majalah atau surat kabar yang disediakan, dan lain-lain. Jasa seperti ini memerlukan barang bersifat capital intensif untuk realisasinya, tetapi penawaran utamanya adalah jasa.
D. Jasa murni
Penawaran hampir seluruhnya berupa jasa, miosalnya
fisioterapi, konsultasi psikologi, pemijatan, dan lain-lain.
Bedasarkan Klasifikasi diatas,
usaha kami ini termasuk dalam poin B.
Jasa Hybrid, penawaran terdiri dari barang dan jasa yang sama besar
porsinya.
3. Karakteristik
Jasa
Produk jasa memiliki karakteristik yang berbeda
dengan barang, karakteristiknya sebagai berikut:
A. Intangibility ( tidak berwujud )
Jasa tidak
dapat dilihat atau dicium sebelum jasa itu dibeli. Nilai penting dari hal ini
adalah nilai tidak berwujud yang dialami konsumen dalam bentuk kenikmatan,
kepuasan, atau rasa aman.
B. Inseparability,
umumnya pada aktivitas jasa proses produksi dan
konsumsi terjadi secara bersamaan, dalam arti konsumen terlibat dalam produksi
implikasinya kontak dan interaksi menjadi sangat penting.
C. Heterogeinity,
standarisasi sulit dilakukan karena sangat
tergantung kepada sumberdaya manusia yang terlibat, sehingga kualitas sulit
dikendalikan. Masalah yang berkaitam dengan karakteristik heterogeneity, adalah
sangat sulit melakukan standarisasi dan pengendalian kualitas jasa.
D. Perishabillity,
jasa tidak mengenal persediaan atau penyimpanan dari produk yang telah
dihasilkan.
E. Lack of
ownership, pelanggan tidak memiliki jasa pada pembelian jasa pelanggan hanya
memiliki akses personal atas suatu jasa untuk jangka waktu yang terbatas.
Menurut karakteristikdiatas,
karakteritik usaha yang kami dalami adalah karakteristik inseparability, karena
dalam usaha kami, kami melakukan pemuasan terhadap konsumen dalam hal produksi
yang akan dinikmati berupa menu menu yang kami hadirkan dan menikmati hal unik
berupa permainan permainan kecil yang menyenangkan di meja masing masing
pengunjung nantinya.
1 komentar:
Solusi cepat untuk kebutuhan pembiayaan anda,
Dengan KREDIT MULTIGUNA SUPER, solisi cepat untuk kebutuhan pembiayaan anda, hanya dengan jaminan BPKB dan,
KREDIT MULTIGUNA SURYA
Solusi Karya dan Griya
Flexible sesuai kebutuhan anda .
Ayo, pinjam uang di indosurya inti finance tidak ribet dan proses cepat .
Penuhi berbagai kebutuhan pembiayaan anda sekarang juga ...
Contact person ;
Heny
(Marketing)
Wa : 087883545314
Email : Heny.purwanti@indosuryafinance.com
Website : Www.indosuryafinance.com
Posting Komentar