Selasa, 04 Juni 2013

STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA/PEOPLE (SUMBER DAYA INSANI)


STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA/PEOPLE
(SUMBER DAYA INSANI)
People merupakan orang-orang yang mengerjakan semua kegiatan mendelievery produk sampai ke tangan konsumen. Orang-orang yang melakukan kegiatan ini harus memiliki passion atau semangat. People merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge (pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan yang baik di luar.

STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA/PEOPLE
(SUMBER DAYA INSANI)
People merupakan orang-orang yang mengerjakan semua kegiatan mendelievery produk sampai ke tangan konsumen. Orang-orang yang melakukan kegiatan ini harus memiliki passion atau semangat. People merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge (pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan yang baik di luar.

Penjelasan Job Deskripsi dari masing masing bagian:

  1. Investor, sebagai pemilik modal yang mendapatkan hak penuh atas kepemilikan dari usaha jasa MartabakKaget ini, dan sebagai penyetor modal awal. Dalam hal ini Investor adalah saya sendiri yang dibantu pendanaannya dari bank nantinya.
  2. Manajer Oprasional, disini tugasnya adalah mengawasi dan menata atau me-manage agar dalam oprasional MartabakKaget dapat kondusif yang sesuai dengan Visi dan Misi perusahaan.
  3. Waiter, disini sebagai pelayan yang melayani para tamu, mengarahkan konsumen untuk menempati tempat, memesan, hingga mengatarkan pesanan kemeja konsumen
  4. Coureer, bagian dimana pekerja menata pergudangan dan pembelian bahan baku, dan ada bagian dimana coureer sebagai pengantar pesanan ke rumah rumah atau ketempat para konsumen diluar outlate.
  5. Koki, bagian dimana produksi dari MartabakKaget itu sendiri dibuat, mulai dari Martabak manis, telur, dll dan juga minumannya. Ber inovasi adalah hak dari koki sesuai persetujuan pemilik dan manajer.
Mendefiniskan Syarat Minimal Kompetensi yang harus dimiliki masing-masing bagian:
    1. Manager Oprasional:
    • S1 Manajemen,
    • Jujur
    • menguasai office dan marketing
    • pengalaman
    • laki-laki/perempuan (20-55)

      2. Waiter
    • Minimal SMA sederajat
    • Santun, jujur
    • mau bekerja keras
    • berpenampilan menarik
    • laki-laki/perempuan (belum menikah, 18-25)
                   3. Coureer
  •  Minimal SMA sederajat
  • memiliki minimal sim C
  • mau bekerja keras
  • Laki-laki (18-25)

      1. Koki
  • Berpengalaman bidang Kuliner (masak-memasak)
  • SMA,SMK, atau sederajat
  • Jujur
  • Mau bekerja keras
  • Laki-laki/ Perempuan (20-60)

Penetapan program pengembangan SDM:
Pengelolaan SDM perusahaan jasa :

Attitude, Moment of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen. Attitude s angat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti penampilan karyawan, suara dalam bicara, body l anguage, ekspresi wajah, dan tutur kata.MartabakKaget sangat memperhatikan attitude karyawannya dengan menetapkan standarisasi pada karyawan melalui pelatihan peningkatan kualitas karyawan setiap enam bulan sekali.

Motivation, motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian pesan dan jasa yang ditawarkan pada level yang diekspetasikan. Karyawan yang memiliki motivasi yang tinggi pada perusahaan MartabakKaget tentu akan memberikan sumbangsi yang besar bagi perusahaan berupa kinerja yang baik. Sehingga akan mempengaruhi perusahaan secara keseluruhan termasuk mampu meningkatkan penjualan.

Communication, MartabakKaget telah memberikan pelatihan mengenani tata cara berkomunikasi dengan pelanggan, bagaimana cara menawarkan barang, mempengaruhi pelanggan agar bisa melakukan pembelian atau menggunakan jasa.

Taste, Martabak Kaget telah memberikan pelatihan atau kursus membuat Martabak Telor dan Martabak Manis yang bisa menambah skill dari koki itu sendiri. Agar inovasi dapat terjadi.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | 100 Web Hosting